Senin, 18 Juli 2011

sangkar / sarang burung sipon

sumber gambar: http://redzlan.blogspot.com/2008/07/common-iora-nestling.html


Sangkar / sarang burung sipon merupakan sangkar yang unik dan menarik. Serta memiliki desain yang mempertimbangkan aspek keamanan, kebersihan, kenyamanan dan keindahan.

Pada aspek keamanan sangkar burung sipon terletak di pucuk pucuk pohon yang bercabang, bentuknya seperti mangkuk dan kecil. Hal ini memungkinkan burung sipon untuk bergegas terbang jika ada bahaya yang datang. serta bentukknya yang kecil memungkinkan untuk tidak terlihat dari para predator maupun pemburu.

Aspek kenyamanan, sangkar burung sipon sangat mempertimbangkan aspek kenyamanan bagi burung yang meninggali sangkarnnya. Sangkar burung sipon disusun secara rapi dan dilapisi dengan sutr laba laba, selain sebagai pelapis sutra laba laba juga sebagai perekat atau penguat sangkar agar menempel pada ranting pohon.Pada musim hujan bentuk sangkar yang kecil seperti mangkuk dapat melindungi anakdari air hujan pada saat hujanturun induk burung sipon berada di atas sangkar sehingga anak anak burung sipon terjaga kehangatannya. ditambah dengan sutra laba laba yang melapisinya.dan juga letak sangkar burung sipon yang terlindungi oleh daun.

Aspek kebersihan, Burung sipon sangat memperhatikan kebersihan sangkarnya. Pada saat anaknnya berusia 0 sampai dia memungkinkan untuk buang kotoran keluar dari sangkar. Induk burung sipon selalu membuang kotoran anakknya yang masih belum bisa membuang kotoran ke luar sangkar.ketika usia anak mencapai lebih dari tujuh hari anak burung sipon secara alamiah membuang kotoran langsung keluar sangkarnnya.

Serta aspek keindahan. dengan perpaduan antara benang dedaunan dan sutra laba laba yang tertata rapi dengan bentuk mungil seperti mangkuk dengan menempel erat pada ranting merupakan pemandangan sangkar burung yang elagan. hee...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar